Tips Ampuh Berhenti Merokok



Merokok Tidak Membunuhmu. 
Kenyataannya, kaulah yang bunuh diri.

Merokok – Matikan rokok sebelum rokok membunuh anda, mungkin semboyan itu sering anda dengar dan lihat, Apakah benar rokok dapat membunuh? jawaban nya tidak, mengapa? Karena yang membunuh perokok, baik itu kaum muda maupun tua, adalah zat senyawa yang terkandung dari rokok tersebut, mungkin anda yang perokok pernah berfikir “tetangga ku aja umur ampe 80 tahun, sehat-sehat aja, meskipun perokok berat, yang bisa menghabiskan 3 bungkus rokok dalam sehari“,
Nah.. apakah anda pernah berfikir seperti itu? , baiklah, jika anda melihat orang yang sudah berumur dengan kebiasaan merokok yang akut, anda beranggapan dia adalah orang sehat, mungkin anggapan anda kurang tepat, karena orang yang ketergantungan rokok seperti contoh tersebut memiliki penyakit yang mungkin selalu disembunyikan agar terlihat sehat, mungkin salah satu penyakit dibawah ini dapat mewakili nya:
  1. Rambut Rontok
    Rokok memperlemah sistem kekebalan, sehingga tubuh lebih rentan terhadap penyakit seperti lupus erythematosus yang
    menyebabkan rambut rontok, sariawan mulut, dan erupsi cutan (bintik merah) diwajah, kulit kepala dan tangan.
  2. Kulit Keriput
    Merokok dapat menyebabkan menuaan dini pada kulit karena rusaknya protein yang berguna untuk menjaga elastisitas kulit, terkikisnya vitamin A, dan terhambatnya aliran darah. Kulit perokok menjadi kering dan keriput terutama didaerah bibir dan mata.
  3. Karies
    Rokok mempengaruhi keseimbangan kimiawi dalam mulut, membentuk plak yang berlebihan, membuat gigi menjadi kuning, dan terjadi karies.
  4. Disklori Jari-jari
    Tar yang terdapat pada asap rokok terakumulasi pada jari-jari dan kuku yang meninggalkan warna kuning dan kecoklatan.
  5. Psoriasis
    Berkembangnya psosiasis / inflamasi noncotageous pada kulit yang menyisakan bercak merah berair dan gatal 2-3 kali
    lebih besar terjadi pada perokok.
Nah 5 penyakit di atas, merupakan efek fisik yang kelihatan dari perokok, walaupun tidak secara langsung ke 5 penyakit tersebut menyerang para perokok, jadi… Masih mempertahankan kebiasaan merokok? Tentu masih, karena saya pernah merasakan menjadi perokok berat, yang selalu cuek dengan bahaya merokok.
Baiklah, 5 penyakit yang saya tulis diatas, hanya beberapa, selebihnya anda bisa cari sendiri referensi bacaan tentang bahaya merokok.
Dibawah ini, saya ingin membagikan tips-tips buat anda yang berniat ingin melepaskan kebiasaan merokok, antara lain:
  1. Niat dan tekat
    Pastinya niat dan tekat anda harus bulat, karena niat adalah dasar dari melakukan sesuatu.
  2. Mengurangi rokok
    Langkah ini, jangan anda sepelekan, karena dari pengalaman saya sendiri, jika pada hari pertama anda langsung total berhenti merokok, itu akan mengakibatkan tidak seimbang nya kinerja tubuh dikarenakan kebiasaan merokok yang tiba-tiba di stop, efeknya antara lain: sakit kepala, cemas, khawatir, pusing, migrain, sakit kepala, cepat marah, dan parahnya anda bisa demam, tetapi itu semua tergantung dari kemampuan tubuh masing-masing, (kok bisa ?)
    Analoginya begini, “ketika untuk pertama kali nya anda melakukan fitness atau nge-gym, apa yang di instruksikan oleh instruktur ke anda? Yup benar, jangan langsung mengangkat beban yang terlalu berat, usahakan 1 minggu mengangkat beban yang hanya seberat 2 kg dulu, setelah itu anda dapat menganggkat beban yang lebih berat dari sebelumnya.Jadi apa yang mesti dilakukan perokok, ketika tahap pemberhentian kebiasaan merokok?
    Untuk hari pertama / minggu pertama, “jika anda dulu nya dapat menghabiskan 2-3 bungkus rokok per hari, ubahlah dan targetkan untuk merokok 1 bungkus sehari selama seminggu ( tidak kurang tidak lebih ), untuk yang biasa menghabiskan rokok hingga 1 bungkus sehari, ubahlah dan targetkan untuk merokok 1/2 bungkus sehari selama seminggu,
    Untuk minggu kedua, kurangi porsi rokoknya, yang 1 bungkus, ubah menjadi 1/2 bungkus per hari, sedangkan yang setengah bungkus ubah menjadi 5-6 batang perhari, begitu seterusnya hingga sebulan / 2 bulan penuh.
    Ratio yang bisa anda terapkan adalah 1 : 2 atau 1 : 3 selama seminggu pertama. Ingat jangan langsung berhenti merokok ketika hari pertama / minggu pertama, kurangi dulu, biasakan dulu selama 1 bulan, setelah itu stop kebiasaan merokok tersebut <<<<  rumus keberhasilan 80 % niat + 20 % penerapan.
  3. Alarm Rokok
    Alarm tidak hanya berguna untuk membangunkan anda di pagi hari, tetapi bisa juga digunakan sebagai alarm merokok, jadi ketika anda sudah membaca pada tips di point ke 2, anda terapkan lagi tips yang ke 3 ini, yaitu dengan menyetel alarm untuk saat nya merokok, saya biasa menggunakan alarm merokok dengan jam seperti ini: 07:00, 10:00, 13:00, 15:00, 19:00, 21:00, usahakan jeda dari masing-masing jam, anda isi dengan aktivitas yang dominan, sehingga secara perlahan menghlangkan stimulan nikotin yang memaksa anda untuk membakar rokok,
    variasikan alarm di hari yang berbeda,agar tidak menjadi sebuah kebiasaan.
  4. Cengkeh
    Ketika anda berkumpul / nongkrong bersama teman-teman anda, mungkin beberapa teman anda ada yang perokok, sehingga membuat anda tergiur untuk kembali membakar rokok, sedangkan anda masih dalam tahap pemberhentian kebiasaan merokok, pasti itu sangat amat membuat anda terpuruk (saya pernah mengalaminya),
    saran saya, jangan pernah kamu meninggalkan, atau berpindah ke tempat lain hanya karena teman mu ada yang merokok, cara mengatasinya adalah dengan mengulum cengkeh seraya berkumpul bersama teman, karena senyawa dari cengkeh terdapat beberapa zat yang dapat menggantikan nikotin dan dapat mengurangi candu nikotin rokok, ( referensi ini saya dapat dari wejangan para tetua di tempat tinggal saya, saya pernah mencoba, dan 100 % berhasil ).
  5. Kesibukan
    Metode ini sangat ampuh dan alami, karena dengan membuat kesibukan, yang mungkin super sibuk, dapat membuat hasrat merokok anda berkurang,
    para blogger atau penulis lainnya, sangat baik memanfaatkan momen ini, terlebih jika blogger tersebut benar-benar perokok berat, dan perlu di ingat, usahakan jangan ada peralatan merokok di meja anda, seperti asbak, pemantik api / sejenisnya, dan rokok maupun bungkusannya

Demikian 5 tips tersebut, jika anda menerapkan ke-5 tips atau kebiasaan baru diatas, saya yakin paru-paru anda dapat tersenyum kembali.
Pesan saya: Hal instan jangan digunakan terhadap proses, tetapi gunakanlah proses terhadap hal yang instan.
Sekian artikel tentang tips ampuh berhenti merokok, kurang dan lebihnya saya minta maaf.
Semoga bermanfaat, terima kasih.


Berita Terhangat Wajib Dibaca Juga :

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tips Ampuh Berhenti Merokok"

Catat Ulasan

Terima Kasih Atas Komentarnya :)
Mohon Berkunjung Lagi yah ....